Archive for October, 2007

the jengkol’s

Meskipun bau dan dianggap makanan kurang gaul, jangan meremehkan jengkol. Selain sangat kaya akan vitamin C, ternyata kandungan proteinnya lebih tinggi dari tempe. Jengkol pun diperlukan buat mereka yang mengalami anemia.

Zat Gizi Kadar
Energi (kkal) 133
Protein (g) 23,3
Karbohidrat (g) 20,7
Vitamin A (SI) 240
Vitamin B (mg) 0,7
Vitamin C (mg) 80
Fosfor (mg) 166,7
Kalsium (mg) 140
Besi (mg) 4,7
Air (g) 49,5

Bila Anda penggemar fanatik jengkol, Anda tidak perlu khawatir terhadap dampak negatif dari asam jengkolat. Ada beberapa cara untuk menurunkan kadar asam jengkolat, antara lain dibuat jengkol sepi atau rebus jengkol dalam larutan yang mengandung abu gosok (bass).

Jengkol sepi adalah jengkol yang telah dikecambahkan, yaitu dibuat dengan cara memendam biji jengkol dalam tanah pada kedalaman sekitar 10 cm dan disiram dengan air setiap hari selama 14 hari, supaya berkecambah.

Pengolahan jengkol menjadi emping juga dapat menjadi pilihan. Emping jengkol sangat terkenal di Jawa Barat. Pada dasarnya prinsip pembuatannya sama dengan emping melinjo, yaitu daging buah dipipihkan di alas batu, kemudian diangkat dan dijemur hingga kering. Emping matang dibuat dengan cara menggorengnya dalam minyak panas.

Proses pemasakan ataupun perebusan dapat juga menjadi pilihan. Namun, proses pemanasan harus dilakukan secara sempurna, sehingga dapat mereduksi asam jengkolat secara signifikan. Biasanya proses perebusan berlangsung 6-7 jam sambil setiap kali dibuang buih-buihnya.

Meskipun belum memiliki bukti ilmiah, dalam proses pemasakan biji jengkol sebaiknya dibubuhkan daun melinjo. Konon, menurut resep pengobatan tradisional di beberapa daerah, daun melinjo sangat ampuh untuk menetralkan racun asam jengkol yang bersarang di tubuh. Biasanya jengkol dimasak untuk dibuat rendang maupun semur.

Konsumsi jengkol bukanlah sesuatu hal yang memalukan. Kandungan gizi yang tinggi merupakan salah satu potensi jengkol yang belum dimanfaatkan secara optimal. Meskipun demikian, konsumsi jengkol sebaiknya tidak berlebihan khususnya bagi mereka yang mengalami gangguan ginjal.

Bau jengkol mungkin hanya bisa disaingi oleh bau petai. Tidak seperti durian yang mengeluarkan aroma saat dikonsumsi, bau jengkol baru terasa beberapa saat setelah mengosumsinya. Bau yang ditimbulkan dari jengkol itu cukup mengganggu terutama bagi orang lain yang tidak ikut mengosumsi.

Bagi yang memakannya, meskipun bau setidak-tidaknya sudah menikmati kelezatan jengkol. Bagi orang lain yang tidak ikut merasakan, tetapi cuma kebagian baunya, tentu akan terasa sangat terganggu. Apalagi dengan air seni yang dikeluarkannya. Jika pemakan jengkol buang air kecil dan kurang sempurna membilasnya bau tidak sedapnya akan menyebar kemana-mana, sehingga mengganggu kenyamanan orang lain.

Penyebab bau tak sedap itu sebaenarnya adalah asam-asam amino yang terkandung dalam biji jengkol. Asam amino didominasi oleh asam amino yang mengandung unsur sulfur (belerang). Ketika terdegradasi atau terpecah-pecah menjadi komponen yang lebih kecil, asam amino akan menghasilkan berbagai komponen aroma yang sangat bau akibat pengaruh sulfur tersebut.

Bau jengkol dapat dikurangi melalui proses perendaman dan perebusan. Dengan, demikian kedua proses tersebut selain bermanfaat untuk melunakkan biji jengkol, juga berperan dalam mengurani bau tak sedap.

Jengkol umumny dihidangkan dengan cara disemur setelah dibelah menjadi dua bagian dan ditumbuk-tumbuk hingga lebih pipih. Walaupun saat dikonsumsi tidak berbau, aromanya akan muncul lagi saat buang air seni.

Bau jengkol memang menjadi ciri khas. Konsumsi jengkol sebaiknya memperhatikan tempat dan situasi. Selain itu, setelah mengosumsi jengkol hendaknya tidak membuang air seni di sembarang tempat.

Konsumsi jengkol berlebihan dapat menyebabkan keracunan. Gejala keracunan jengkol adalah nyeri pada perut dan kadang-kadang muntah, serangan kolik dan nyeri waktu buang air kecil, urin berdarah, pengeluaran urin sedikit dan terdapat titik-titik putih seperti tepung, bahkan urin tidak bisa keluar sama sekali.

Keluhan pada umumnya timbul dalam waktu 5-12 jam setelah mengosumsi jengkol. Keluhan yang tercepat adalah 2 jam dan yang terlambat adalah 36 jam sesudah konsumsi biji jengkol. Hal itu terjadi karena kandungan asam jengkolat didalamnya.

Asam jengkolat merupakan salah satu komponen yang terdapat pada biji jengkol.Kandungan asam jengkolat pada biji jengkol bervariasi, tergantung pada varietas dan umur biji jengkol.

Yang jelas, asam jengkolat dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Penyebabnya adalah terbentuknya kristal asam jengkolat yang akan dapat menyumbat saluran air seni. Jika kristal yang terbentuk semakin banyak, lama-kelamaan dapat menimbulkan gangguan pada saat mengeluarkan air seni. Bahkan, jika terbentuk infeksi, akan menimbulkan gangguan yang lebih parah.

Dalam jumlah tertentu, asam jengkolat dapat membentuk kristal. Kristal tersebut dapat menyumbat dan bahkan menimbulkan luka pada saluran kencing, sehingga kencing menjadi tersendat-sendat dan kadang-kadang menimbulkan pendarahan.

Jika keracunan jengkol, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengosumsi air putih yang banyak supaya kadar asam jengkolat lebih encer, sehingga lebih mudah dibuang melalui urin. Jika keracunan bersifat kronis, dapat diatasi dengan memberikan tablet natrium bikarbonat sebanyak 4×2 gram perhari. obat penghilang rasa nyeri, ataupun pemberian injeksi natrium bikarbonat oleh dokter.

Penanganan keracunan jengkol harus diantisipasi dengan segera karena jika keadaan semakin parah, akan menyebabkan kematian,

3.5G

Pertemuan dengan bang Budi Putra sangat berguna buat kelanjutan skripsi saya, makasi banyak bang, tidak sia-sia, sebenarnya kemarin sudah masuk pada saat yang menjenuhkan sekali sampe saya malas untuk berpikir mana dulu yang harus saya lakukan, sampai akhirnya kemarin saya putuskan untuk sekedar berbicara dengan salah satu pakar 3G, pertemuan kemarin di depan kantor bang budi di sebuah cafe di jalan kebon sirih, cukup menarik bahkan sangat menarik bang budi merubah semua batasan masalah saya, dengan begitu saya dapat gambaran baru untuk dapat memulai lagi skripsi ini, bang budi memberikan penjelasan yg sangat simple tp cukup jelas, setelah pertemuan itu saya hanya dapat tersenyum dengan lega dengan harapan akan lebih cepat untuk menyelesaikan skripsi ini, selain terlibat di blogging bang budi juga merupakan dosen komunikasi UI yang juga sering memberikan bimbingan skripsi juga,sekarang saya bisa mulai skripsi saya lagi dengan memulai perbedaan antara GSM dengan CDMA yang banyak dipaparkan oleh bang budi kemaren,

sinetron percepat kematian bangsa

Percakapan ini dimulai ketika aku mulai bertanya sama papa.”pah . . kenapa c kok indonesia ga maju ya?” kata aku, “cuman satu untuk saat ini yg menyebabkan indonesia ga maju, TELEVISI” jawab papa. itu sedikit masukan dari papa mengenai televisi, setelah aku mulai kuliah ak mulai bertemu dengan teman2 kos yg ternyata punya pendapat yg sama mengenai televisi, dan banyak makian2 dari sekelas mahasiswa untuk menghina televisi, terutama sinetron dan gosip yg terlalu banyak menghiasi televisi, entah televisi tidak mempunyai ide lagi ato gmn, tp trnyata kehadiran sinetron maupun gosip bisa menghandle pola pikir masyarakat indonesia, penonoton terlalu lugu untuk belajar menyaring lebih dalam mengenai sinetron di indonesia, dan kadang mereka juga tidak terlalu ambil pusing untuk terlalu memikirkan efek yg dibawa oleh sinetron atau gosip. keadaan ini lebih mengerikan lagi ternyata karena ternyata efek ini juga mengarah kepada anak 2, fantastic, racun yg bergulir sangat cepat dan rata ini juga dengan cepat mempengaruhi anak2, kadang orang tua tidak begitu memikirkan efek buruk sinetron , karena beberapa alasan, pertama ortu sibuk, kedua ortu juga senang menonton sinetron, ketiga ortu tidak peduli dan lain – lain, ada satu atau dua negatif sinetron bagi ak, pertama sinetron mengambil waktu seseorang untuk slalu merasa kecanduan atau addict untuk tidak lepas dari sinetron, keadaan itu yg membuat waktu terbuang percuma hanya untuk duduk terdiam di depan sinetron, yg lebih buruk lagi terdiamnya seseorang di depan sinetron hanya untuk melihat tayangan yg buruk. isi yg dibawa dari sinetron pun tdk sangat tidak baik untuk dicerna dan dijadikan contoh, sinetron hanya memberikan gambaran yg berlebihan, dan terlalu hiperbola, sangat terlihat cerita na yg slalu menindas yg lemah, de el el, trnyata di kuwait sinetron disana juga banyak dicam oleh masyarakat ak kasih kutipan dari website kuwait mengenai larangan sinetron.

http://www.eramuslim.com

Otoritas Pengawasan di Departemen Komunikasi Kuwait memutuskan pencekalan atas sejumlah telenovela dan sinetron produksi Suriah dan Mesir. Otoritas setempat menilai telenovela dan sinetron itu sebagai karya drama yang memuat tayangan-tayangan yang merusak masyarakat dan agama, karena mengekspos hubungan laki-laki dan perempuan yang diharamkan (pacaran), budaya minuman keras dan konsumsi narkoba.

Di antara sinetron dan telenovela yang dicekal itu adalah, ‘Al-Amin wa Al-Mamun’ (Yang Jujur dan Yang Aman) yang dibintangi Rasyid Asyaf dan Norman Asad dan ‘Ghazlan fi Ghabah Adz-Dziab’ (Rusa di Hutan Srigala) yang dibintangi Khalid Taja dan Amal Arafah. Kedua sinetron itu merupakan produksi Suriah. Sementara produksi Mesir yang dicekal adalah, sinetron ‘Qarib wa Gharib’ (Yang dekat dan Yang Asing) dan ‘As-Safirah Azizah’ (Ibu Dubes Yang Terhormat).

Terkait Sinetron ‘Ghazlan fi Ghabah Adz-Dziab’, sejumlah kalangan menyebut sinteron itu mendapat sukes besar. Pasalnya, sinetron yang dibintangi aktor terkenal Suriah itu memberikan gambar utuh kerusakan-kerusakan yang terjadi di masyarakat Suriah. Digambarkan dalam sinetron itu kisah wanita penjual sayur yang dililit kemiskinan, yang kerapkali diperkosa.

Sementara Supervisor Acara Arab di Chanel 1 Kuwait Nahsir Sa’dan mengatakan, “Ada sebuah komisi khusus di Departemen yang menilai semua tayangan sebelum adanya pencekalan. Komisi itu berada di bawah manajemen pengawasan. Namun keputusan (pencekalan) ini hanya berlaku untuk media-media resmi saja. ”

Saat ditanya apakah pencekalan itu akibat adanya tekanan dari para aktifis Islam, As-Saidan menafikannya. “Tak ada tekanan dari aktifis Islam yang ada di Parlemen Kuwait, ” ujarnya sambil menjelaskan bahwa Kuwait punya standar-standar yang di antaranya mencekal semua hal yang merusak tradisi-tradisi, kebiasaan-kebiasaan dan agama.

As-Saidan mencontohkan bagaimana sinetron ‘Ghazlan fi Ghabah Adz-Dziab’ merusak tradisi dan agama Islam di Kuwait, di mana sinetron itu bercerita tentang narkoba, sinetron ‘Al-Amin wa Al-Mamun’ yang melulu berkisar tentang wanita simpanan, kehidupan malam dan minuman keras serta sinetron ‘Jawaz ala Waraqah Thalaq’ yang bercerita tentang hubungan pria dengan wanita sebelum pernikahan.

“Ini tak berlebihan. Kami punya standar-standar di mana kami harus sejalan dengan itu. Kami mencari produksi-produksi cerdas yang memberikan solusi bagi masalah-masalah keluarga, ” tukasnya.(ilyas/alrb)

deknadekga

hahaha… ih masca nih rese bgt c, hu.. mles banget c masca, kamu nyapu2 sana lho, apa nguras bak mandi, sama aja kayak gandol, ayo masca tmenin ak masca, ak pgn beli celana. ooo ya masca besok anterin ak les ya, jam 10 masca nti jmput tmptku ya…

dsc00343.jpg

itu kata2 dari dekna dan dekga yg ga bisa aku lupa, dekna dan dekga berdua ini adik kandungku, walaupun mereka agak aneh, tp mereka terdidik menjadi orang yg sangat2 mandiri superb, dekna adiku yg pertama atau tepat dibawah ku nama lengkap na alzena Devi Mahendra kelahiran Kediri 6 Mei 1986. Salah satu orang yg punya kualitas gak main2 dia merupakan salah satu aset kluarga, pintar, cerdas, tanggung jawab, tangguh, mandiri, tekun, teliti, disiplin, adil, kritis bgt. . .tp sayang karena saking mandiri sampe2 dia ga suka dikasih perhatian lebih ma cowok, hhahaha…

sekarang dekna kul di jur tek sipil uii yogyakarta, masalah terberat yg dihadapi lum byar listrik. dan sempat sms ke jakarta mnta uang untuk bayar listrik, hihi… dekna punya karakteristik persis seperti papa, ak tau na km tuh bkal jd org yg sukses bgt, apalagi dengan kepunyaanmu yg begitu lebih dibanding yg lainna, ya ga na? ayo na mama msh butuh kamu bwt tertawa, dan ak ykin mama akan ketawa bahagia karena kamu yg jadi pemenang. . .

dekga, ini adiku yg paling bungsu pny tingkah yg pling keliatan dekga tuh semau2 hihi…. kita kan hampir sama ndol, ndol?sapa? ya gandol panggilan akrab dekga di rumah ak juga ga tau gara2 apa gandol bisa dipanggil kyk gitu? dekga punya nama asli yg bagus dgn harapan dan impian dari ortu yg bnyak bgt. Heganita Palma Mahendra kelahiran Palembang 1 Desember 1987 paling suka gigit pojokan guling, dekga sekarang kul di D3 ekonomi UGM Yogyakarta, yg ini juga luar biasa dia punya sesuatu yg orang ga tau, pintar, berani, tangguh, mandiri, agak males, semau2 sndiri, ak msh brhrp bnyk bgt ndol dengan cita2 kamu jd penulis, ya kan dik? mca ykin bgt km msh bisa nyelesaikan cit2 kamu, km msh ingt ndol pemintaan km 10 taon mendatang? “di tengah malam di depan sbuah laptop sambil berkeringat menyelesaikan cerita akhir dari novel yg akan terbit” hahahah… ya kan ndol ak masih nggu novel kamu itu ndol. yakin bew//.

taon 2006 yg lalu kita be3 ngumpul di jogja untuk kul, ak yg lebih dulu kul disusul dekna dan akhirna dekga ikut nyusul utk kul dijgj, kita be3 tinggal di kontrakan rumah di jl.aster 3 no 21B pohruboh condong catur yogyakarta. banyak kejadian disitu yg lucu2 bgt, tp trnyata ga sampe sataun karena bnyak hal skrang cmn tggl dekna yg tinggal disitu, hikzz..dekna, dekga km ngerti ga ? masca kangen kita bisa serumah lagi kyak dulu, jd waktu klian breng2 sebisa mungkin km nikmatin smua na jgn pernah disia2 in sdktpun, krena smua na baru ketahuan stelah km ga bareng, jd nikmatin smua karena klian ga akn pernah tau sblum smua na hilang, sukses smua na ya, . . .

inspiration

banyak org terinspirasi oleh org lain yg nantinya inspirator tersebut akan dijadikan tauladan, contoh, pedoman, guide. karena inspirasi bisa membuat kita lebih berpikir ke depan seperti yg dimiliki oleh org yg dijadkan inspirasi tersebut. mulai dari pikiran sampe pakaian dijadikan contoh, hingga bisa terbentuk sama persis, bicara mengenai inspirator ak pasti juga pnya seseorang yg selalu ak contoh bapak, papa, ayah, abi, daddy, father. ya bener ak sangat mengagumi papa ku, beliau org yg bertanggung jawab, sederhana, pintar, cerdas, berwibawa, be your self, elegan, argh pokok na dia punya semua na..

dsc02805.jpgdsc00602.jpg

kelahiran Blitar 10 oktober 1955 papa ku dilahirkan, sebagai anak tunggal tentunya papa sangat dimanja tp memang dulu kakek dan nenek salah satu org yg selalu kekurangan kakek yg hanya supir bis dan nenek yg cmn ngandelin pensiunan perang kakek, tp ga da yg tau klo ternyata papa bisa mejadi orang yg sukses dan sangat cerdas. briliant.. walaupun kakek dan nenek tidak punya apa2 tp papa bisa mnyelesaikan sekolah sampe jenjang s1 yg ditamatkan di UGM jur. geologi setelah lulus papa menjadi salah satu dari beberapa ahli geologi di indonesia, ygbisa dihitung jari tangan, klo ga salah sektar 3 atau 4 org pada waktu itu dan papa menjadi salah satunya luar biasa, papa memang bukan orang yg terkenal tp papa sangat luar biasa di hadapan ke tiga anak na, dan aku khusus na sbagai anak laki2 satu2 na dan skaligus sbagai anak sulung. karena beberapa hal papa hrus sering2 pindah2 karena selain menjadi konsultan papa juga pernah ikut di perushaan kilang minyak lepas pantai yg membuat kita skluarga pndah2, itu sdkt mengenai karir papa. mengenai agama papa juga ga kalah ketika aku tnggal di jakarta saat ini setiap waktu luang papa gunakan untuk membaca alquran maupun bacaan yg lain dan papa plg sng menghbiskan waktu senggang na di masjid. ak ga bisa mmbayangkan untuk ukran orang tua skelas papa dia mau untuk jadi anak kos dgn kamar yg ga besar dipnuhi bnyak nyamuk dan panas yg luar biasa, tp justru itu yg buat papa bisa lebih menghargai hidup dan byk2 bersyukur,

papa dah begitu berjasa bagi smua kluarga, papa bisa mengajari matematika, bahasa inggris, kimia, sampe mengaji, sederhana, tanggung jawab, dan bnyak banget yg ga bisa ak sebutin. ak ykin cmn ada beberapa org yg seperti papa di dunia ini. Tapi beberapa malam yg lalu ak dan papa debat dan adu pndapt karena masalah yg biasanya dihadapi anak seumuranku, papa bisa memberikan smuana. sempat ada beberapa pikiran yg slalu datang ketika ak menkah apakah ak bisa dihormati dan ttp terlhat brwbawa di dpn ank2 ku seperti papa ku smpe selama2 na.

ada beberapa hal yg bikn aku ga bisa lupa perlakuan kasar papa selama ak kecil smpe sekarang cmn 2 kali papa menggunakan tangan, pertama sktr smp klas 3 ak rental ps smpe jam 5 sore , trus papa datang k rental itu dan mnyuruh pulang, sampe dirumah ak dipukul pake hanger(gantungan baju) dan bukan 1 ato 2 hanger tp banyak dan hanger2 itu mpe patah smua gara2 ak lum salat asar. hi,…. ak inget itu mau ketawa trus. yg kedua kr2 wktu ak msh sd wktu itu papa ngajar matematika untuk cerita soal hmpir sktr 2-3jam ak msh jg ga bisa ngerjain 1 soal papa dah jlasin msh juga ga bisa2 smpe pap marah dan akhirnya papa nyungkil dahiku dgn kuku na yg panjang, akhirna dahiku brlobang, hahah.. klo dah bsar skrag trus crita tntng itu lagi bareng papa kita be2 cmn ketawa aja. dan msh bnyak kejadian yg ga bisa ak lupain sama pa2 untuk blajr tntg hidup,, bnyk bgt.hingga spme ak sbesar ini papa msh trus mmbntu ku mnyelesaikan smua mslahku. da bberapa harapan untuk slalu bkin papa bahagia nantina papa hrus merasakan sesuatu dari aku sbagai tnda bhwa papa akan pnya seseorang anak yg akan berkualitas seperti papa na,.

horee…

ak mo crita sedikit tentang perasaan senengku yg kesekian kali yg di beri allah swt, smua na dimulai dari diterima na ak untuk magang di PT. Indosat, Tbk. sktar tanggal 28 september 2007 jam set 3 sore gitu indosat ngubungin ak untuk memberikan konfirmasi diterma na ak magang di indosat, bukan cmn sujud sukur aja yg aku lakuin tp cngar cengir ga prnh brhnti, indosat mnyuruh untuk datang ke jakarta tgl 2 okt 07 (sama dgn tggl jdianku dgn my baby). akhrna ak pnya waktu dari tanggl 29 – 30 siang untuk prepare karena 30 malam hrus brngkat ke jakarta, dari kampus mpe shoping persiapan magang smua aku siapn mpe ga da sediktpun yg terlewat. tgl 30 malam ak brgkat ke jakarta dari stsiun tugu naek kreta bima waktu tu tiket hargana sktar 150rb gt, adeku yg no 2 yg nganter ak sektr jam 9 malam, karena jam 10 an kreta dah brgkt. tgl 1 pagi ak smpe di gambir kbtulan papa dah stay duluan di jkarta jd dr gambir ak dijmput n tggl bareng satu kos di jkrta.. stelah mandi dan brsh2 smua papa ngajak ak ke kntor sxlian mo liat dmn kntor indosat. dengan berangkat naek busway waktu itu sxlian untuk ngukur brp lama perjalanan kos ke kantor, kbetulan lumayan jauh kos yg ada di mampang prapatan smpe kantor yg ada di merdeka barat, abis dari kantor dtrusin ke masjd al azhar sktr jam set 12 gt sxlian salat dzhur trus agk lama mbil nggu slat asar kbtulan juga ada cramah jd bisa sxlian dngrin, kan itu bulan puasa jd agk tng aja ga krasa klo puasa. bsk na hr pertama magang di mulai untuk tnda tngan kntrak n klarifikasi peraturan2 yg hrus distujui. mngkn tmn2 ada yg pgn bisa magang ak kasih tw cara na, dulu ak kirim cv, proposal skripsi dan srt ket dari kampus ak kirim ke div. learning PT Indosat.Tbk jln merdeka barat no 10 jakarta 11010 coba aja sapa tau bisa ngrasain gmn rasana org kerja brngkt pagi, pulang malam, lgsng tdr cb geh lumayan untuk nambah pengalaman. wah ada prasaan seneng bangga, gak nyangka, ko bisa, tp mang itulah kenyataana. allah mang punya cara sendir2 untuk mmbahagiakan umat na na membuat umat na slalu bersyukur tak henti2 na.

if you never try you never now

setelah melewati beberapa hari ku di indosat ada perasaan yg dari semangat menjadi kurang bersemangat karena ternyata semua tidak sesuai yg aku harapkan, khusus na sesuatu yg mengenai skripsiku. tujuan awal na ak di indosat adalah membantuku mendapatkan bahan2 mengenai skripsiku, judul yg ak ambil adalah analisa dan implementasi teknologi HSDPA yg sangat sangat ingin aku ketahui, pada saat indosat menerima ku yg ada di pikiranku ak akan ada di bagian atau divisi mengenai hsdpa yg dapat membntuku, tp ternyata ak tdak di bag itu ak ada di bag div. gamming dan contents, stlh keadaan ini, ak smpat bingung apakah harus sia2 magang ku di indosat, smua orang di indosat yg aku tau cb aku tanya tntng bag. 3G tp mpe hari ini mash nihil, smua orang yg mngerti mengenai 3G ak kirim mail untuk ak mnt kesediaan waktu na untuk membimbing masalah penulisan skripsi ini, ak ga mo semua sia2 stlah ak brd di jkrt, masalh yg sangat penting sapa yg mo ngajak aku ke lokasi lap. untuk bisa melihat perangkat atau apapun yg berhub dengan 3.5G karena rata2 bahan yg aku dapat hanya dari internet, tp tdk ada yg aku liat lgsng secara praktek na. benar kata mama kemudahan mematikan kreatifitas, itu yg diucapkan wktu ak mendapat masalah lain wkt di jogja. dan hanya itu yg aku pegang klo aku ingin produktif n kreatifiatas, ak hrus susah dan dituntu untuk mnyelesaikan masalah. sekarang tnggl menunggu bantuan dari allh setelah ak berdoa dan berusaha trus menerus, tggl allah mengabulkan. amin/


Follow me

October 2007
M T W T F S S
    Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Status

Kirim Pesan YM